4 Fakta Sejarah Kantor Pos Besar Medan

4 Fakta Sejarah Kantor Pos Besar Medan

4 Fakta Sejarah Kantor Pos Besar Medan Bagi Anda yang pernah berkunjung ke Kota Medan, tentu tidak asing lagi dengan Kantor Pos Besar Medan. Bangunan bersejarah ini merupakan salah satu landmark yang ada di kota terbesar ketiga di Indonesia ini.

Sebagai salah satu bangunan tua, kantor pos ini menjadi saksi bisu atas sejarah perjalanan Kota Medan sejak zaman kolonial Belanda. Tidak heran, bangunan ini menarik minat banyak wisatawan yang mampir tempat ini hanya sekedar untuk bernostalgia dengan Medan tempo dulu.

Terletak di jantung kota, tepatnya berada di dekat Lapangan Merdeka, berikut fakta-fakta sejarah bangunan yang ikonik ini.

4 fakta sejarah kantor pos besar medan bangunan berusia ratusan tahun yang populer

https://alabamalighthouses.com/

Dilansir dari medantourism, gedung Kantor Pos Besar Medan didirikan oleh pemerintah Belanda pada masa kepemimpinan Residen J. Ballot yang berkantor d sekitar Lapangan Merdeka Medan.

Bangunan ini sudah berusia lebih dari seratus tahun. Dbangun sejak tahun 1909 hingga 1911, seperti yang tertulis pada bagian inding luar bangunan dengan ukiran “ANNO 1911”. Kata ini dalam Bahasa Belanda berarti “Tahun 1911”.

Dirancang oleh Arsitek Belanda

4 fakta sejarah kantor pos besar medan bangunan berusia ratusan tahun yang populer

Sumber: IDN POKER APK

Seperti dlansir dari akumassa.org, bangunan bersejarah ini dbangun dari rancangan seorang arsitek dari Belanda bernama Snuyf. Pada saat itu, Snuyf merupakan seorang pejabat pekerjaan umum Belanda untuk Kesultanan Deli.

Dalam buku Badan Warisan Sumatera Medan, Snuyf dsebut sebagai Drektur Jawatan Pekerjaan Umum Belanda untuk Indonesia.

Arsitektur Bergaya Eropa

4 fakta sejarah kantor pos besar medan bangunan berusia ratusan tahun yang populer

Sumber: IDN POKER APK

Dbangun pada jaman kolonial Belanda, bangunan kantor pos ini kental dengan nuansa arsitektur Eropa. DEropa, desain bangunan seperti pada Kantor Pos Besar Medan ini dkenal dengan nama Arsitektur Modern Fungsional (Art Deco Geometrik).

Jenis arsitektur ini merupakan generasi ketiga setelah arsitektur klasik yang hadir sebelum 1910 dan Arsitektur Neo-klasik (Art Deco Ornamental) sebelum 1920.

Salah Satu Cagar Budaya di Kota Medan

Gedung Kantor Pos Besar Medan ini berdiri kokoh djantung kota. Kantor pos ini merupakan satu dari sekian banyak bangunan heritage Kota Medan dengan nilai-nilai arsitektur tinggi yang sangat menarik.

Kantor Pos Besar Medan juga dtetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya (CBC) berdasarkan Undang-undang Nomor 10 tahun 2010 dan Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan Nomor 2 Tahun 2012. Gedung yang menyimpan nilai sejarah tinggi ini sekaligus menjadi salah satu landmark Kota Medan yang terkenal.

Comments are closed.