6 Macam Alat Musik Gamelan Jawa Beserta Gambar dan Penjelasannya

6 Macam Alat Musik Gamelan Jawa Beserta Gambar dan Penjelasannya

6 Macam Alat Musik Gamelan Jawa Beserta Gambar dan Penjelasannya

6 Macam Alat Musik Gamelan Jawa Beserta Gambar dan Penjelasannya – Gamelan merupakan sebuah musik ensambel tradisional yang populer di wilayah Jawa, Sunda, serta Bali. Gamelan memakai skala nada pentatonis dalam sistem skala nada (laras) slendro dan pelog.

Dalam satuan gamelan, terdiri dari instrumen musik perkusi yang dipakai dalam seni karawitan. Instrumen yang paling umum digunakan ialah keluarga metalofon seperti gangsa, gender, bonang, gong, dan saron. Selain itu juga memakai alat-alat musik membranofon, idiofon, aerofon, dan xilofon yang diisi dengan instrumen tradisional Jawa dan Bali.

1. Kendang

Kendang
Kendang.

Kendang, kendhang, atau gendang adalah salah satu instrumen gamelan Jawa. Salah satu fungsi utama kendang ialah mengatur irama dalam ensambel musik gamelan. Instrumen ini dimainkan dengan cara dipukul dengan telapak tangan, tanpa alat bantu.

2. Saron

Saron
Saron.

Saron atau juga biasa disebut ‘ricik’ adalah salah satu instrumen gamelan yang termasuk dalam keluarga balungan. Balungan yakni jenis alat musik gamelan yang berbentuk bilahan (wilahan) logam yang berjumlah 6 atau 7 (1 oktaf), ditumpangkan pada bingkai kayu yang juga berfungsi sebagai resonator.

3. Demung

Demung
Demung.

Demung adalah alat musik gamelan yang termasuk dalam keluarga balungan, seperti saron. Dalam satu set gamelan, pada umunya ada 2 demung dengan jenis skala nada yang berbeda, yakni pelog dan slendro. Demung menghasilkan nada dengan oktaf paling rendah di antara alat musik balungan, dengan ukuran fisik yang paling besar.

4. Bonang

Bonang
Bonang.

Bonang merupakan salah satu instrumen yang dipakai dalam ensambel gamelan Jawa. Alat musik ini berbentuk gong kecil (seringkali juga disebut ceret atau pot) yang ditaruh di atas string (tali) dalam bingkai kayu (rancak). Setiap ceret mrmpunyai satu poros cembung (pencon) di bagian atas sebagai pusat tempat pukul.

5. Kenong

Kenong
Kenong.

Kenong adalah alat musik gamelan yang termasuk dalam keluarga ‘pencon’ di samping bonang yang telah kita bahas sebelumnya. Kenong adalah instrumen paling gemuk di antara keluarga pencon. Kenong disusun pada ‘pangkon’ bebentuk kayu yang dialasi dengan tali, sehingga tidak menghambat getaran kenong ketika ditabuh.

6. Gong

Gong
Gong.

Gong adalah alat musik tradisional dari Vietnam yang telah populer di Asia Tenggara dan Asia Timur. Alat musik tradisional ini terbuat dari leburan logam, seperti perunggu dengan tembaga yang dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai piring raksasa yang mempunyai poros cembung di bagian tengahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *