7 Tempat Wisata di Aceh yang sedang Hits Dikunjungi

7 Tempat Wisata di Aceh yang sedang Hits Dikunjungi

7 Tempat Wisata di Aceh yang sedang Hits Dikunjungi

 

7 Tempat Wisata di Aceh yang sedang Hits Dikunjungi – Pasca terjadinya bencana tsunami yang begitu dahsyat di tahun 2004, sebagian wilayah di Aceh telah mengalami kerusakan termasuk beberapa tempat wisata di Aceh.

Berikut tempat wisata di aceh yang wajib di kunjungi :

1. Masjid Raya Baiturrahman

1. Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman.

Masjid yang sudah berdiri dari tahun 1612 ini menjadi salah satu tempat wisata religi yang wajib dikunjungi ketika liburan ke Aceh.

Masjid ini menjadi saksi dahsyatnya bencana tsunami dan menjadi salah satu tempat berlindung bagi warga Aceh kala itu.

2. Museum Tsunami

2.Museum Tsunami
Museum Tsunami.

Peristiwa tsunami di tahun 2004 menjadi bencana alam yang sungguh memilukan dengan banyaknya korban, demikian juga dengan bangunan dan berbagai fasilitas umum yang porak poranda.

Dalam Museum Tsunami, ada sejumlah ruangan yang menggambarkan betapa dahsyatnya bencana tsunami yang terjadai pada saat itu.

3.Rumah Cut Nyak Dien

Rumah Cut Nyak Dien
Rumah Cut Nyak Dien.

Rumah Cut Nyak Dien adalah tempat bersejarah yang bermanfaat bagi siapa juga untuk mengenang kembali peristiwa sejarah di masa dulu, terutama sosok pahlawan wanita Cut Nyak Dien yang berjuang melawan penjajahan Belanda.

Berkunjung ke Rumah Cut Nyak Dien juga bisa menjadi media untuk menambah rasa cinta tanah air dan meneladani sikap patriotisme para pahlawan yang begitu tinggi.

4.Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer
Tugu Nol Kilometer.

Jalan-jalan ke Aceh tidak  lengkap jika tidak mengambil foto di Tugu Nol Kilometer. Daerah yang menjadi destinasi favorit untuk berswafoto dengan background tugu yang ikonik.

Tugu ini disebut-sebuit sebagai titik nol Indonesia sehingga sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Lokasi: Desa Iboih Ujong Ba’u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Pulau Weh, Aceh.

5.Pusat Latihan Gajah Saree

Pusat Latihan Gajah Saree
Pusat Latihan Gajah Saree.

Seperti di Lampung, di Aceh juga ada pusat latihan gajah yang berlokasi di Kabupaten Aceh Besar.

Keberadaan gajah-gajah di Aceh diketahui telah ada sejak zaman dulu, bahkan pada masa kerajaan Aceh di bawah kepemimpinan Sultan Iskandar Muda ada sekitar 40.000 pasukan gajah yang terlatih untuk keperluan militer.

6. Rumah Tradisional Aceh

Rumah Tradisional Aceh
Rumah Tradisional Aceh.

Rumah tradisonal suku Aceh disebut Rumoh Aceh. Rumah adat ini bertipe rumah panggung dengan 3 bagian utama dan 1 bagian tambahan.

Tiga bagian utama dari rumah Aceh yaitu seuramoë keuë (serambi depan), seuramoë teungoh (serambi tengah) dan seuramoë likôt (serambi belakang).

Sedangkan 1 bagian tambahannya yakni rumoh dapu (rumah dapur). Atap rumah berguna untuk tempat penyimpanan pusaka keluarga.

7. Pulau Mincau

Pulau Mincau
Pulau Mincau.

Berkunjung ke Aceh jangan hanya pergi ke Masjid Baiturrahman saja, tapi juga sesekali untuk menjelajah lebih dalam dan temukan harta yang tersimpan. http://onlinesbobet.club/

Salah satu harta tersimpan yang dimiliki oleh Aceh ialah Pulau Mincau. Pulau kecil tapi akan memberi arti mendalam bagi liburan para wisatawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *