Bangunan Kuno yang Masih di Gunakan Sampai Hari Ini

Bangunan Kuno yang Masih di Gunakan Sampai Hari Ini

 Bangunan Kuno yang Masih di Gunakan Sampai Hari Ini

Bangunan Kuno yang Masih di Gunakan Sampai Hari Ini – Ada Beberapa kota dan bangunan kuno yang sengaja dikubur dan dihancurkan. Di atas reruntuhannya kemudian dibangun peradaban baru. Peradaban baru ini ada yang berbeda budayanya. Misalnya, karena penaklukkan bangsa lain.

Ada pula peradaban yang memang sengaja membuat bangunan atau kota yang lebih baru, sementara bangunan lama di biarkan hancur dengan sendirinya. Nah, kota atau bangunan lama itu lama-lama akan terkubur. Beberapa dari kita pasti sering membandingkan arsitektur klasik dengan arsitektur modern.

Salah satu alasannya adalah karena arsitektur klasik bisa bertahan lebih lama dari arsitektur modern. Walau nyatanya, bangunan-bangunan tersebut memang bisa bertahan selama ratusan bahkan ribuan tahun sejak pertama kali di bangun.Ada banyak APK IDN Poker IOS Terbaru bangunan dunia kuno yang masih terlihat hari ini. Bahkan, beberapa di antaranya masih terus di gunakan hingga saat ini.

1. Ampiteater Arles

9 Bangunan Kuno yang Masih Digunakan Sampai Hari Ini, Menakjubkan!

Bangsa Romawi suka membangun monumen yang megah. Alasannya? Tentu saja untuk “memamerkan” kebudaayan mereka kepada para pendatang sekaligus untuk di gunakan oleh penduduk mereka. Salah satunya adalah amfiteater di Arles, Prancis, sebuah bangunan besar yang di bangun di tanah Galia.

Di dirikan pada 90 M, di perkirakan kalau amfiteater Arles dapat menampung sampai 20.000 orang. Selama lebih dari 400 tahun, amfiteater ini di gunakan untuk pertunjukan teater atau pertarungan gladiator. Setelah Kekaisaran Romawi Barat runtuh, amfiteater ini tidak lagi di gunakan, setidaknya untuk tujuan aslinya.

Amfiteater Arles pernah menjadi “pusat” dari 200 rumah, gereja, dan alun-alun kota yang di dirikan di tengahnya. Baru pada tahun 1826, bangunan-bangunan tersebut di robohkan dan amfiteater di kembalikan ke bentuk semula. Hari ini, amfiteater Arles di gunakan untuk menggelar drama atau konser, dan terkadang juga di gunakan untuk pertandingan matador.

2. Teater Marcellus

9 Bangunan Kuno yang Masih Digunakan Sampai Hari Ini, Menakjubkan!

Teater Marcellus atau Marcello dibangun pada 13 SM. Bangunannya yang sangat besar dapat menampung hampir 20.000 penonton. Di namakan setelah keponakan Kaisar Augustus, teater ini menjadi salah satu situs termegah di Roma sampai Colosseum dibangun.

Menurut Ancient History Encyclopedia, teater ini sempat rusak parah pada abad ke-4 Masehi. Untungnya, sebagian besar strukturnya berhasil di selamatkan. Berabad-abad kemudian, penduduk lokal dan turis masih dapat menyaksikan pertunjukan drama dan konser di dalam teater ini.

3. Teater Epidaurus

9 Bangunan Kuno yang Masih Digunakan Sampai Hari Ini, Menakjubkan!

Teater Epidaurus di bangun pada abad ke-4 SM berdasarkan desain buatan Polykleitos the Younger. Pada  Teater ini di dedikasikan untuk dewa penyembuhan, Asclepius, dan di gunakan untuk menghelat pertunjukan musik dan drama selama berabad-abad.

Teater Epidaurus sempat terkubur dan baru di temukan kembali pada tahun 1881. Sekarang, tempat ini menjadi tempat yang populer untuk pertunjukan musik dan teater.

4. Istana Diocletian

9 Bangunan Kuno yang Masih Digunakan Sampai Hari Ini, Menakjubkan!

Diocletian adalah satu-satunya kaisar Romawi yang mundur secara sukarela dari takhta dan menikmati masa pensiunnya. Demi ketenangan batinnya, ia membangun sebuah bangunan di wilayah yang sekarang menjadi Kota Split, Kroasia. Pada tahun 305 M, ia menetap di rumah barunya dan menghabiskan waktunya untuk menanam kubis.

Istana Diocletian lebih dari sekadar vila peristirahatan yang indah untuk seorang mantan kaisar Romawi. Selain di kelilingi oleh tembok-tembok kokoh, bangunan ini juga memiliki barak yang cukup besar. Ketika orang-orang Slavia menginvasi daerah itu pada abad ke-7, banyak penduduk setempat yang berlindung di balik tembok istana.

Tak lama berselang, istana itu menjadi pusat dari kota tua Split. Meskipun ada banyak bangunan baru seperti rumah, toko, atau gereja di dalam Istana Diocletian, beberapa bagian dari bangunan aslinya masih bertahan sampai hari ini.

5. Castel Sant’Angelo

9 Bangunan Kuno yang Masih Digunakan Sampai Hari Ini, Menakjubkan!

Castel Sant’Angelo adalah salah satu bangunan di Kota Roma yang sudah mengalami begitu banyak transformasi. Pertama kali di buat pada masa Kaisar Augustus, bangunan ini di modifikasi pada masa Kaisar Hadrian. Oleh karena itu, bangunan ini sering di sebut sebagai Mausoleum Hadrian karena menyimpan abu dari kaisar pembangun itu.

Castel Sant’Angelo masuk ke dalam tembok Roma ketika di perluas oleh Kaisar Aurelian, yang memulai transformasinya menjadi situs militer. Ketika para Paus menggunakannya sebagai benteng, mereka menyimpan barang-barang berharga mereka di dalam ruangan yang ada di tengah bangunan itu.

Sekarang, Castel Sant’Angelo menjadi museum yang berisi benda-benda peninggalan Romawi dan Kristen.

6. Menara Hercules

9 Bangunan Kuno yang Masih Digunakan Sampai Hari Ini, Menakjubkan!

Menara Hercules adalah sebuah mercusuar yang terletak di pantai utara Spanyol. Pada Menara ini terdaftar di UNESCO sebagai mercusuar tertua yang masih berfungsi di dunia, sekaligus menjadi bangunan tertinggi kedua di Spanyol. Pada awalnya, menara ini hanya setinggi 34 meter sebelum di renovasi pada abad ke-18 dan akhirnya menjadi 55 meter.

Awalnya di sebut “Farum Brigantium,” banyak yang menduga kalau mercusuar ini meniru rancangan mercusuar Pharos dari Alexandria. Di dasarnya, terdapat prasasti dalam bahasa Latin yang menyebut kalau menara ini di buat oleh seorang arsitek bernama Gaius Sevius Lupus dan awalnya di dedikasikan untuk dewa Mars.

Legenda mengatakan kalau menara ini di bangun di tempat Hercules membunuh raksasa Geryon. Para arkeolog telah menemukan banyak artefak menarik di wilayah tersebut, meskipun mereka belum menemukan tengkorak raksasa di dalamnya.

7. Bendungan Proserpina

9 Bangunan Kuno yang Masih Digunakan Sampai Hari Ini, Menakjubkan!

Bendungan Proserpina di bangun pada abad ke-2 M oleh para insinyur Romawi untuk memasok air ke kota Augusta Emerita, yang sekarang di sebut Mérida. Berdiri setinggi 12 meter dan memiliki panjang lebih dari 400 meter, bendungan ini di bangun dari tanah yang di lapisi batu bata dan di dukung oleh beberapa penopang.

Meskipun tidak lagi menyediakan air minum untuk penduduk Kota Mérida, Spanyol, bendungan Proserpina masih tetap di gunakan. Sampai hari ini, para petani setempat sering membuka dan menutup saluran masuk di bendungan tersebut untuk mengairi tanaman mereka.

8. Kuil Mundeshwari

9 Bangunan Kuno yang Masih Digunakan Sampai Hari Ini, Menakjubkan!

Kuil Mundeshwari di anggap sebagai kuil Hindu tertua yang masih di gunakan. Terletak di distrik Kaimur, India, di perkirakan kalau kuil ini telah ada sejak tahun 600 Masehi. Sementara namanya merujuk pada salah satu asura (iblis), yakni Munda, kuil kuno ini justru di dedikasikan untuk menyembah Dewa Siwa dan Shakti

Di perkirakan kalau bangunan aslinya lebih besar dari bangunan yang berdiri pada hari ini. Sampai saat ini, para arkeolog masih mempelejari sisa-sisa dari Kuil Mundeshwari.

9. Horyuji

9 Bangunan Kuno yang Masih Digunakan Sampai Hari Ini, Menakjubkan!

Pagoda Horyuji atau Hōryū-ji adalah sebuah kompleks kuil Buddha di Jepang. Horyuji sendiri di anggap sebagai bangunan kayu tertua yang masih ada dan berfungsi di dunia. Dengan memeriksa lingkaran kayunya, di ketahui kalau pohon yang di gunakan untuk membangunnya di tebang pada tahun 594 M.

Pagoda ini pernah di landa kebakaran pada tahun 670 M, sehingga beberapa bagiannya harus di renovasi pada abad ke-7. Mesk begitu, Horyuji terus bertahan dan masih menjadi situs pemujaan agama Buddha hingga saat ini.

Meski telah menderita berbagai kerusakan akibat bencana atau perang, beberapa bangunan di atas masih bisa berdiri tegak dan terus di gunakan sampai saat ini.

Comments are closed.