Cara Ini dan Cek Kosmetik Halal Lokal

Cara Ini dan Cek Kosmetik Halal Lokal

Cara Ini dan Cek Kosmetik Halal Lokal,Untuk muslimah Indonesia, memilih kosmetik ternyata tidak semudah yang non ya. Ada satu faktor tambahan yang perlu diperhatikan, yaitu halal atau tidak kosmetik yang akan digunakan.

Support by Club388 INDONESIA

Kosmetik halal sebagaimana diungkapkan oleh Wakil Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI, Muti Arintawati, produk kecantikan termasuk yang termasuk harus ada sertifikat halal.

Lanjut Muti, sebagaimana dlansir alabamalighthouses, sertifikat halal ini penting untuk memastikan tubuh tidak terkontaminasi bahan-bahan yang dharamkan secara agama Islam. Apalagi, produk kecantikan ini tidak bisa dlepas saat salat.

Lalu, bagaimana cara memilih kosmetik halal yang cocok untuk muslimah? Seperti apa sih yang harus dperhatikan dalam membeli produk kecantikan ini? Mimin akan membagikan tips cara memilih kosmetik halal di tulisan kali ini.

Cara Memilih Kosmetik Halal yang Aman dan Cocok untuk Muslimah

Langsung saja Mimin infokan bagaimana cara memilih kosmetik yang tepat di sini ya:

1. Cek Label Halal – Kalau Gak Ada, Tanya Sertifikat Halal dari Produsen

Setiap kosmetik halal itu harus mendapatkan sertifikasi dari MUI untuk kehalalannya – mulai dari bahan, proses produksi hingga pengemasan. Karena itu, untuk produk kecantikan – entah itu lipstik ataupun bedak, harusnya sudah ada label halal. Sekalipun misalnya kamu tidak menemukan di produk, coba tanya ke produsen mengenai sertifikat halal ini. Takut salah juga? Bisa cek ke HalalMUI ini.

2. Perhatikan Bahan Kosmetik – Halal atau Tidak

Seperti yang djelaskan oleh LPPOM MUI, halal tidaknya produk dimulai dari bahan yang digunakan. Hendaknya, bahan lipstik ataupun bedak atau produk kecantikan yang dgunakan itu menggunakan bahan yang halal. MUI sendiri mengeluarkan daftar zat yang haram ataupun berbahaya untuk kulit.

Bahan yang Perlu Dperhatikan dalam Memilih Kosmetik Halal

  • Merkuri – bahan yang ini berbahaya untuk kulit. Jadi hindari kosmetik dengan bahan ini.
  • Hidroquinon – Zat ini termasuk obat keras. D luar negeri sudah dilarang penggunaannya. Tetapi di Indonesia masih dtolerir hingga batas toleransi 2%. Paparan hidroquinon bisa menyebabkan iritasi kulit sehingga menjadi merah, terbakar. Lebih lanjut bisa menyebabkan kerusakan ginjal, kanker darah dan kanker hati.
  • Pewarna Merah K.10 (Rhodamin B) dan Zat Pewarna K.3; zat warnan sintetis yang umumnya ada pada industri tekstil dan bersifat karsinogen.
  • Lemak dan segala turunannya yang berasal dari hewan yang diharamkan.
  • Kolagen dan Elastin yang berasal dari hewan yang diharamkan.
  • Ekstrak plasenta yang berasal dari hewan yang diharamkan atau dari manusia.
  • Gelatin, Chivet atau hormon dari kelenjar-kelenjar, serta Amnion (ketuban) yang berasal dari hewan yang diharamkan.

    3. Hindari Produk Kecantikan yang Produksinya Melanggar Hukum

    Kalau bisa pilih produk kosmetik yang kita tahu pasti bagaimana cara mereka produksi. Kita bisa cek dari website resmi mereka biasanya. Jangan sampai juga kita membeli produk yang dperoleh ataupun dproduksi dengan cara tidak halal.

    Misalnya, produk dari luar negeri – sekalipun sudah berlabel halal dari badan dsana, karena dmasukkan ke Indonesia secara ilegal, bisa menjadi haram.

    Nah itu cara memilih kosmetik halal yang perlu dperhatikan. Agar sebagai muslimah juga aman dalam menggunakan produk kecantikan ini. Selain 3 cara d atas, sebenarnya ada satu lagi yang bisa dpertimbangkan, yaitu cari produk kecantikan yang mudah dbersihkan.

    Ternyata, Kosmetik Halal Indonesia itu Bernama Amalia Cosmetics

    Banyak ya, gak sebatas merk Wardah. Ada beragam merk produk kecantikan yang sudah mendapatkan label halal dan aman untuk dpakai muslimah Indonesia. Pastikan saja kalau setiap membeli produk kecantikan kalian, sudah ada label dengan cara-cara d atas ya. Toh, pastinya tetap cantik dengan kosmetik halal itu gak merugikan kan?

    Nah, salah satu nama pemain  bidang kecantikan ini adalah Amalia Cosmetics. Produk Amalia ini terinspirasi dari keindahan alam dan budaya Maroko – sehingga menjadi produk kosmetik halal global dan modern. Dengan produk kecantikan Amalia, wanita Indonesia akan jadi semakin percaya dri dengan tetap menjunjung nilai-nilai Islami.

    3 Nilai Kosmetik Halal Amalia

    Dalam setiap produk kecantikan Amalia, selalu mengandung 3 nilai berikut:

    1. Halal Beauty – menginspirasi wanita muslimah modern Indonesia untuk mengikuti kaidah Islam termasuk dalam kosmetik halal yang dgunakan karena menggunakan bahan dan proses halal.
    2. Luxury Beauty – membentuk kepercayaan Dri sesuai tuntutan gaya hidup berkelas. Amalia merepresentasikan wanita mandri bergaya elegan dan mandri.
    3. Beauty by giving – Berbagi manfaat untuk sekitar Amalia memberi insipirasi untuk mengembangkan kebaikan hati melalui kegiatan amal /zakat atau sedekah.

    Nah… untuk yang penasaran dengan seperti apa produk kecantikan ini, bisa baca tulisan

    Jadi Gimana?

    Sudah amankah kosmetik yang kalian gunakan? Atau mau mencoba kosmetik halal d atas? Langsung aja cek ke websitenya ya.

Comments are closed.