Cara Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat saat Berpuasa Ramadan

Cara Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat saat Berpuasa Ramadan

Cara Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat saat Berpuasa Ramadan,Banyak orang yang menganggap bahwa berat badan otomatis akan turun saat menjalankan ibadah puasa Ramadan. Jelas saja, sebab kita tidak makan dan minum dari subuh hingga magrib selama sebulan penuh. Sayangnya, ekspektasi ini sering kali hancur ketika kita melihat angka timbangan setelah buka puasa. Berat badan rasanya sama saja, bahkan justru naik karena kita makan terlalu banyak.

Walaupun begitu, bulan Ramadan adalah waktu yang baik untuk menjalankan diet, lo. Karena orang-orang di sekitar tidak makan dan minum, kamu tak akan tergoda untuk jajan atau makan yang macam-macam. Tidak seperti hari-hari biasa.

Karena itu, mumpung kita masih di awal Ramadan, yuk, ketahui apa saja yang sebaiknya kamu lakukan untuk menurunkan berat badan. Dengan begitu, ketika bulan yang suci ini berakhir, kamu bisa menjadi lebih sehat dan bugar. Berikut ini sejumlah cara yang bisa kamu coba!

1. Jangan lewatkan sahur

https://alabamalighthouses.com/

10 Cara Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat saat Berpuasa Ramadanilustrasi sahur (pexels.com/RODNAE Production)

Sahur merupakan hal yang membedakan antara puasa umat Islam dengan kelompok lainnya. Bukan hanya itu, sahur juga penting dilakukan untuk menjaga kesehatan dan mencegah kenaikan berat badan. Kenapa demikian?

Orang yang tidak sahur memiliki kecenderungan untuk kalap saat buka puasa. Semua yang ada di meja makan rasanya ingin dilahap. Mulai dari aneka takjil, nasi, lauk, sayuran, dan lain sebagainya. Hal inilah yang akan menggagalkan upayamu untuk menurunkan berat badan

DAFTAR CLUB388

2. Perhatikan jenis makanan saat sahur

10 Cara Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat saat Berpuasa Ramadan

Sekarang kamu sudah tahu pentingnya sahur untuk penurunan berat badan, kan? Langkah selanjutnya adalah mengatur makanan dan minuman untuk sahur. Berikut ini sejumlah makanan yang sebaiknya kamu konsumsi:

  • Pilih karbohidrat kompleks seperti kentang, kacang-kacangan, biji-bijian, buah, gandum, ubi, dan oat;
  • Konsumsi protein seperti tahu, tempe, ayam, telur, ikan, dan kacang-kacangan;
  • Berbagai sayuran dan buah-buahan, terutama yang kaya akan serat;
  • Kurma.

3. Pantangan makanan saat sahur

10 Cara Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat saat Berpuasa Ramadanilustrasi junk food (freepik.com/freepik)

Sebaliknya, ada pula sejumlah makanan yang sebaiknya tidak kamu konsumsi saat sahur. Bukan hanya meningkatkan berat badan, makanan ini juga tidak sehat dan berpotensi menimbulkan gangguan pencernaan. Berikut ini di antaranya:

  • Makanan yang mengandung banyak lemak trans seperti gorengan, junk food, dan lain sebagainya;
  • minuman yang terlalu banyak mengandung gula seperti kue, permen, cokelat, boba, dan lain-lain;
  • Makanan bersantan, terlalu pedas, dan berminyak
Comments are closed.