Daftar Mobil LCGC Terbaik di Indonesia

Daftar Mobil LCGC Terbaik di Indonesia

Daftar Mobil LCGC Terbaik di Indonesia,Untuk kamu yang membutuhkan mobil murah dan ramah lingkungan, mobil LCGC terbaik adalah pilihan yang tepat. Di tengah kondisi lingkungan yang semakin tercemar ini, hadirnya mobil LCGC memang menjadi solusi terbaik. Mobil ini dilengkapi dengan mesin yang ramah lingkungan dan lebih hemat bahan bakar. Tidak hanya itu, mobil LCGC juga dibanderol dengan harga cukup murah sehingga terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.yang telah kita rangkum dalam alabamalighthouses

yang disupport oleh IDN Poker Deposit 10rb

Saat ini ada banyak pilihan merek mobil LCGC terbaik yang bisa kamu pilih. Dalam artikel ini, Qoala akan jabarkan daftar mobil LCGC terbaik yang dapat dipilih. Akan tetapi sebelum membahas apa saja jenis mobil LCGC yang populer saat ini, ada baiknya kamu kenali dulu apa itu mobil LCGC sebenarnya.

Sekilas Tentang Mobil LCGC

Tentang Mobil LCGC
Sumber Foto: Roirike Mardiana Bewinda via. Shutterstock

Mobil LCGC merupakan singkatan dari Low Cost Green Car. Mobil ini merupakan bagian dari program pemerintah yang mengatur masalah kendaraan harga ekonomis serta ramah lingkungan. Program ini dbuat dengan tujuan untuk mengembangkan kendaraan harga terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah. Yang paling menarik dari mobil LCGC adalah menggunakan mesin yang ramah lingkungan sehingga lebih irit bahan bakar.

Kriteria mobil yang bisa masuk dalam varian LCGC ini telah dtetapkan oleh Kementerian Perindustrian dengan spesifikasi seperti berikut ini :

  • Untuk mesin bensin harus berkapasitas 980 – 1200 cc atau memiliki tingkat konsumsi bahan bakar setidaknya 20 km/l.
  • Menggunakan bahan bakar Research Octane Number (RON) 92.
  • Untuk mesin desel, mobil LCGC terbaik harus berkapasitas maksimal 1.500 cc atau memiliki tingkat konsumsi bahan bakar minimal 20 km/l.
  • Menggunakan bahan bakar dengan Bilangan Setan (CN) 51.
  • Radus belok maksimal 4.6 m.
  • Harga jual maksimal Rp 95.000.000 berdasarkan lokasi kantor pusat Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dengan toleransi ruang penyesuaian harga sebanyak 15% untuk transmisi otomatis dan sebanyak 10% untuk fitur keamanan atau desuaikan dengan konsi inflasi saat mobil LCGC terbaik dproduksi.
  • Menggunakan nama merek dan logo harus khas Indonesia.

Kelebihan Mobil LCGC

Mobil LCGC atau mobil murah ramah lingkungan saat ini sangat dminati oleh masyarakat. Selain karena murah dan menggunakan mesin ramah lingkungan. Mobil LCGC terbaik juga memiliki berbagai kelebihan jika dbandngkan dengan mobil jenis lainnya, seperti:

  • Hemat Bahan Bakar

Kelebihan utama yang ditawarkan mobil LCGC adalah hemat bahan bakar. Hal ini sesuai dengan konsep Low Cost Green Car yaitu menciptakan kendaraan ramah lingkungan yang memiliki tingkat konsumsi bakar yang efisien agar tidak menimbulkan polusi yang terlalu banyak. Mobil LCGC paling irit drancang dengan 1 liter bahan bakar bisa digunakan untuk menempuh jarak minimal 20 km.

  • Ramah Pengemudi Pemula

Mobil LCGC dibanderol dengan harga berkisar Rp 100 jutaan. Dengan harga yang terjangkau tersebut, mobil ini sangat ramah untuk pengemudi pemula yang baru pertama kali membeli mobil. Jenis mobil LCGC juga memiliki jenis beragam mulai dari transmisi manual hingga transmisi otomatis. Jadi pengemudi pemula bisa leluasa memilih jenis mobil yang diinginkan untuk belajar mengemudi pertama kali.

  • Dimensi Kendaraan Lebih Compact

Kelebihan selanjutnya dari mobil LCGC terbaik adalah memiliki dmensi body yang lebih compact. Dengan dmensi tersebut mobil murah ramah lingkungan ini bisa bergerak cukup lincah untuk pemakaian sehari-hari terutama d kondsi jalanan kota yang padat dan macet. Dengan dmensi body compact ini kamu tidak perlu khawatir akan menyerempet kendaraan lain karena ukurannya yang cukup minimalis jika dibandngkan dengan mobil jenis lainnya.

  • Durabilitas

Meskipun termasuk mobil dengan harga murah, mobil LCGC drancang dengan maksimal agar awet dan telah teruji kualitasnya. Salah satu contoh mobil LCGC murah dengan durabilitas baik adalah Toyota Agya yang dlengkapi dengan mesin 1200 cc dengan 4 silinder segaris, DOHC, Dual VVT-I DAN 16 katup.

Kelemahan Mobil LCGC

Meskipun memiliki banyak kelebihan, akan tetapi mobil murah ramah lingkungan ini juga memiliki kelemahan yang menjadi sisi negatifnya. Beberapa kekurangan dari mobil LCGC terbaik ini antara lain seperti berikut :

  • Power Lemah

Secara umum mobil LCGC dbekali dengan mesin mulai dari 1000 cc dan maksimal 1200 cc. Dengan kapasitas mesin yang cukup kecil tersebut, tidak heran jika mobil LCGC memiliki power yang cukup rendah jika dbandngkan dengan mobil konvensional lainnya.

  • Kurang Stabil untuk Digunakan Kecepatan Tinggi

Mobil LCGC biasanya memiliki bobot yang lebih ringan jika dbandngkan dengan mobil konvensional. Kondsi ini ternyata menjadi kelemahan tersendri karena mobil menjad lebih mudah oleng dan tidak stabil jika dgunakan dalam kecepatan tinggi. Akan tetapi ada juga beberapa mobil LCGC terbaik dan drancang dengan bobot cukup stabil untuk dgunakan dalam kecepatan tinggi.

  • Fitur Kurang Lengkap

Jika dbandngkan dengan mobil konvensional, fitur pada mobil LCGC memang kalah jauh. Hal ini dipengaruhi oleh harga yang cukup murah sehingga fitur yang dgunakan juga sangat minim. Salah satunya adalah minimnya fitur keamanan seperti tidak ada rem ABS dan Airbag. Jadi meskipun mobil LCGC paling irit dan ramah lingkungan, akan tetapi soal fitur kamu jangan terlalu berharap lebih.

Mobil LCGC Terbaik 2021

Mobil LCGC Terbaik
Sumber Foto: Adrie dasta via. Shutterstock

D tahun 2021 ini, popularitas mobil LCGC ternyata masih cukup tinggi. Kondsi ini dkarenakan kebutuhan alat transportasi yang semakin meningkat sehingga banyak orang mobil jenis ini karena menawarkan harga terjangkau. Ada banyak pilihan mobil LCGC terbaik yang bisa kamu pilih, seperti:

1. Wuling Formo, Mobil LCGC Terbaik dengan Fitur Lengkap

Wuling Formo merupakan mobil LCGC terbaik asal Tiongkok yang memiliki desain sepintas mirip dengan Datsun Go Plus. Mobil ini banderol dengan harga mulai dari Rp 140 juta yang dlengkapi dapur pacu berkarakter 4 silinder DOHC 1.2 L dengan lepasan 76 HP 5.600 rpm dan torsi 110 Nm @3600 – 4000. Salah satu rekomendasi mobil LCGC terbaik ini juga lengkapi fitur terbaik seperti Elektrik Power Steering Panel Multi Information Dsplay dan juga sabuk pengaman  tiga baris yang mampu menampung hingga 7 penumpang.

2. Daihatsu Sigra, Dirancang untuk Memenuhi Kebutuhan Keluarga

Daihatsu Sigra merupakan jenis mobil MPV yang drancang untuk kebutuhan keluarga. Mobil ini memiliki desain eksterior yang stylish dan elegan dpadukan dengan interior yang kekinian. Untuk menunjang performa, salah satu mobil LCGC terbaik 2021 ini menggunakan dua jenis mesin Daihatsu yaitu Tipe D dan M menggunakan mesin 1KR-VE, DOHC VVT-I dengan dapur pacu 998 cc. Sementara untuk varian X dan R menggunakan mesin 4 silinder segaris dengan kode 3NR-VE berkapasitas 1.197 cc. D pasaran mobil Daihatsu Sigra dbanderol dengan harga mulai Rp 199 juta hingga Rp 162 juta.

3. Renault KWID, Mobil LCGC Terbaik dengak Kapasitas 5 Kursi

Renault KWID yang dproduksi pada tahun 2015 merupakan mobil LCGC versi hatchback dengan kapasitas 5 kursi penumpang. Sama seperti mobil LCGC lainnya, Renault KWID menggunakan mesin dengan kapasitas 1.0 L yang mampu melepaskan tenaga 67 HP dan torsi 100 Nm. Meskipun memiliki kekurangan karena tidak dlengkapi dengan power window, akan tetapi Renault KWID masih termasuk salah satu mobil LCGC terbaik yang dbanderol dengan harga Rp 134 juta sampai Rp 158 juta.

4. Suzuki Karimun Wagon R, Memiliki Detail Design yang Menarik

Suzuki Karimun Wagon R merupakan salah satu mobil LCGC terbaik yang memiliki detail menarik yang terdapat pada seluruh body-nya. Model terbaru dari mobil ini menggunakan grille mewah yang membuatnya semakin modern dengan adanya sisipan kit tambahan yang menyambung garis desain mobil. Sedangkan untuk bagian dalamnya, mobil LCGC terbaik ini ddesain layaknya mobil kelas atas dengan dhadrkannya garnish dashboard yang baru. D pasaran mobil ini dbanderol dengan harga mulai dari Rp120 juta, namun untuk harga mobil LCGC bekas dbanderol jauh lebih murah.

Menggunakan Mobil LCGC memang bisa menjad opsi terbaik untuk mengurangi pencemaran lingkungan akibat polusi dari asap kendaraan. Meskipun dtujukan untuk kalangan menengah ke bawah, akan tetapi jenis mobil ini tidak mendapatkan relaksasi PPnBM karena pajak mobil LCGC sudah 0 persen.

Seiring peminat yang semakin meningkat, banyak produsen mobil yang mengeluarkan tipe mobil murah ramah lingkungan. Bahkan mobil LCGC terbaik 2021 semakin beragam dan dlengkapi dengan fitur yang lebih canggih yang tak kalah dengan mobil konvensional lainnya. Jadi tidak heran jika semakin banyak orang tertarik dengan mobil ramah lingkungan ini. Selain djual dalam kondsi baru, banyak juga mobil LCGC terbaik yang djual dalam kondsi bekas.

Comments are closed.