Destinasi Wisata di Planetarium Jakarta

Destinasi Wisata di Planetarium Jakarta

Destinasi Wisata di Planetarium Jakarta sarana wisata pendidikan yang dapat menyajikan pertunjukan / peragaan simulasi perbintangan atau benda-benda langit. Pengunjung diajak mengembara di jagat raya untuk memahami konsepsi tentang alam semesta melalui acara demi acara.

Destinasi Wisata di Planetarium Jakarta

Planetarium dan Observatorium Jakarta adalah salah satu dari 3 wahana simulasi langit di Indonesia dan merupakan yang tertua. Selain di Jakarta, Planetarium juga ada di Kutai, Kalimantan Timur dan Surabaya, Jawa Timur.

Lokasi Planetarium Jakarta di Jl. Cikini Raya No. 73, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta tel: 021 – 2305146 / 2305147.

Planetarium Jakarta berdiri tahun 1964 diprakarsai Presiden Soekarno dan diserahkan ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 1969. Di tempat ini juga tersedia ruang pameran benda- benda angkasa yang menyuguhkan berbagai foto serta keterangan lengkap dari berbagai bentuk galaksi, teori-teori pembentukan galaksi disertai pengenalan tokoh-tokoh di balik munculnya teori.

Di ruang pameran ini, ada juga pajangan baju antariksa yang digunakan mengarungi angkasa, termasuk mendarat di bulan. Beberapa peralatan lain untuk pengamatan antariksa turut dipamerkan.

Pada tahun 2002, Badan Pengelola Planetarium dan Observatorium Jakarta mengalami perubahan status dari organisasi nonstruktural menjadi organisasi struktural berupa Unit Pelaksana Teknis di bawah Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi Provinsi DKI Jakarta. Perubahan status ini tertuang dalam Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 118 Tahun 2002.

Selain pertunjukan Teater Bintang dan multimedia / citra ganda, Planetarium & Observatorium Jakarta juga menyediakan sarana prasarana observasi benda-benda langit melalui peneropongan secara langsung, untuk menyaksikan fenomena / kejadian-kejadian alam lainnya, seperti gerhana bulan, gerhana matahari, komet dan lain-lain.

Jadwal Pertunjukan:

Rombongan :

  • Selasa – Kamis: 09.30, 11.00, dan 13.30 WIB
  • Jum’at: 09.30 dan 13.30 WIB
  • Senin dan Hari Libur Nasional TUTUP

Harga Tiket Masuk

  • Pelajar dan Mahasiswa Rp. 5.000.00 /orang.
  • Bukan Pelajar, mahasiswa Rp. 10.000.00 /orang

Perorangan/Umum

  • Selasa – Jum’at: 16.30 WIB
  • Sabtu – Minggu: 10.00 dan 13.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Anak-anak Rp. 7,000.00 ; Dewasa Rp. 12,000.00
  • Senin dan Hari Libur Nasional TUTUP

Tiket hanya dapat dibeli langsung di loket resmi 1 jam sebelum pertunjukan dimulai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *