Kredit Mobil Syariah

Kredit Mobil Syariah

Kredit Mobil Syariah,Semakin populernya transaksi berbasis syariah, kini kredit mobil syariah juga sudah bisa kamu temukan. Seperti namanya, kredit mobil jenis ini menawarkan proses transaksi secara syariah sehingga lebih aman dan halal. yang disupport oleh

IDN Poker Deposit 10rb

Kredit mobil tanpa riba juga menawarkan beberapa keuntungan menarik, salah satunya adalah kamu bisa kredit mobil tanpa DP, baik untuk mobil baru atau bekas. Hal inilah yang membuat kredit mobil bekas berbasis syariah kini juga semakin diminati di Jakarta, Cikarang, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, maupun berbagai wilayah di Indonesia selain Jabodetabek lainnya.

Apa Itu Pengertian Kredit Mobil Syariah?

Apa Itu Pengertian Kredit Mobil Syariah
Sumber foto: Supavadee butradee via Shutterstock

Kredit mobil syariah adalah cara membeli mobil baru maupun bekas secara non tunai menggunakan cara yang halal yang sesuai dengan syariat ajaran Islam. Dalam kredit ini, kamu tidak akan dibebankan bunga untuk setiap pembelian dan cicilan mobil. Hal ini karena konsep memberikan bunga dalam suatu transaksi termasuk perbuatan riba sehingga harus ihindari.

Prinsip dalam kredit mobil syariah tanpa DP ini adalah penyeda jasa akan membelikan kebutuhan pelanggan terlebih dahulu kemuian menjual kembali kepada pelanggan dengan keuntungan yang telah sepakati. Dalam transaksi ini, tidak ada sistem bunga akan tetapi berupa margin keuntungan perusahaan yang bersifat tetap selama masa tenor. Semua transaksi akan tertulis dalam akad jual beli sehingga lebih transparan.

Perbedaan Kredit Mobil Syariah dan Konvensional

Perbedaan Kredit Mobil Syariah dan Konvensional
Sumber foto: Freeograph via Shutterstock

Saat ini minat akan kredit mobil bisa bilang cukup tinggi. Kegiatan mobilitas yang tinggi kadang menuntut seseorang untuk memiliki kendaraan pribadi agar lebih efisien. Ada dua jenis kredit mobil yang bisa kamu temukan  Indonesia yaitu kredt mobil konvensional dan syariah. Lalu, apa perbedaan kedua jenis tersebut? Berikut ulasannya.

1. Sumber Pendanaan

Sumber pendanaan kredt mobil konvensional berasal dari bank konvensional maupun lembaga keuangan konvensional. Sedangkan pada kredt mobil tanpa riba sumber pendanaan berasal dari bank syariah. Baik kredt mobil secara konvensional maupun syariah, keduanya merupakan produk unggulan dari masing-masing bank.

2. Dasar Transaksi

Kredt mobil konvensional menggunakan dasar transaksi pinjam meminjam uang, dalam hal ini nasabah dbebankan dengan suku bunga. Sedangkan, pada kredt mobil tanpa riba menggunakan prinsip transaksi jual beli barang yang bermanfaat. Dengan kata lain, keuntungan perusahaan ddapat berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

3. Hubungan Perusahaan Pembiayaan dan Konsumen

Hubungan perusahaan pembiayaan dan konsumen pada kredt mobil tanpa riba adalah penjual dan pembeli. Sedangkan pada kredt mobil konvensional hubungan perusahaan pembiayaan dan konsumen adalah kredtur (lender) dan debitur (borrower). Hal ini membuat akad kredt mobil syariah tanpa riba ini lebih transparan dbandngkan dengan kredt konvensional.

4. Jenis Usaha Konsumen dan Tujuan Penggunaan Kendaraan

Pada kredit kendaraan syariah, jenis usaha konsumen dan tujuan penggunaan kendaraan tidak bertentangan dengan prinsip syariah serta peraturan perundangan yang berlaku. Sedangkan pada kredt mobil konvensional, jenis usaha konsumen dan tujuan penggunaan kendaraan perbolehkan selama tidak bertentangan dengan peraturan perundangan RI.

5. Keuntungan

Dalam kredt mobil syariah keuntungan perusahaan berupa margin yang sudah dtetapkan berdasarkan kesepakatan dan masukkan ke dalam harga jual. Sedangkan pada kredt konvensional, keuntungan ddapatkan dari bunga yang harus dbayarkan konsumen bersama dengan pengembalian pokok.

Keuntungan Kredit Mobil Syariah

Saat ini kredt kendaraan berbasis syariah tengah populer d kalangan masyarakat. Selain menawarkan kredt mobil tanpa DP dan bunga, jenis kredit mobil tanpa riba ini juga menawarkan berbagai keuntungan lainnya seperti:

1. Cicilan Tetap

2. Tidak Ada Suku Bunga

3. Tidak Ada Biaya Denda Keterlambatan Bayar

4. Sumber Dana Djamin Halal

5. Alokasi Dana Untuk Hal Positif

 

Syarat Kredit Mobil Syariah

Syarat Kredit Mobil Syariah
Sumber foto: Amnaj Khetsamtip via Shutterstock

Untuk bisa mengajukan kredt kendaraan berbasis syariah ini, ada beberapa persyaratan yang harus kamu siapkan terlebih dahulu. Persyaratan kredit syariah ini sebenarnya sangat mudah hanya terdri dari beberapa dokumen sebagai berikut:

  1. Fotokopi identitas diri atau KTP
  2. Slip gaji atau rekening koran 3 bulan terakhir sebagai bukti memiliki sumber penghasilan tetap
  3. Memiliki SIM A
  4. Jika memiliki usaha, lampirkan laporan mengenai keterangan usaha yang djalankan

Beberapa poin di atas merupakan syarat utama jika kamu ingin mengajukan kredt mobil tanpa riba. Akan tetapi masing-masing lembaga keuangan, bank syariah atau perusahaan penyedia layanan kredit syariah biasanya menambahkan beberapa persyaratan tertentu seperti batasan umur, fotokopi surat nikah, hingga surat keterangan dari tempat kerja jika dperlukan.

Tak hanya offline, beberapa pinjaman online syariah juga kini tersedia untuk kamu yang ingin membeli mobil baru maupun bekas tanpa khawatir adanya riba.

Cara Kredit Mobil Syariah

Cara Kredit Mobil Syariah
Sumber foto: Daniel Jedzura via Shutterstock

Kredit kendaraan syariah menggunakan konsep akad murabahah. Dengan kata lain, kamu akan dibiayai untuk membeli mobil yang kamu inginkan akan tetapi dengan harga yang sudah ditambahkan margin. Sebagai gantinya, kamu akan mengembalikan dana membeli mobil dengan cara dicicil dengan tenor yang telah ditentukan.

Untuk mengajukan kredit mobil tanpa riba, kamu bisa datang ke bank syariah atau lembaga keuangan syariah lainnya dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan. Selanjutnya penyedia saja akan memilih dan membelikan kendaraan yang kamu inginkan dengan menambahkan margin untuk keuntungan perusahaan. Jika akad jual beli telah disetujui, mobil bisa langsung dipakai akan tetapi nasabah harus patuh dengan kewajibannya untuk membayar cicilan.

al yang Harus Diperhatikan Sebelum Kredit Mobil Syariah Tanpa DP

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Kredit Mobil Syariah Tanpa DP
Sumber foto: ViDI Studio via Shutterstock

Sebelum mengajukan kredit mobil syariah bekas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar transaksi aman dan bisa memberikan manfaat untuk kamu. Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin kredit mobil berbasis syariah adalah sebagai berikut.

1. Teliti Lembaga Penyedia Kredit

Hal pertama yang harus diperhatikan jika ingin kredit mobil syariah adalah meneliti terlebih dahulu mengenai kelayakan lembaga penyedia kredit. Saat ini ada banyak lembaga keuangan yang menawarkan program kredit kendaraan syariah. Akan tetapi pastikan pilih lembaga yang terpercaya dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Hal ini diperlukan untuk menjamin keamanan transaksi sehingga tidak akan merugikan nasabah.

2. Tentukan Budget dan Kebutuhan

Hal penting selanjutnya yang perlu dperhatikan sebelum mengajukan kredt kendaraan syariah ini adalah terkait perhitungan budget. Perusahaan penyedia layanan kredt syariah menawarkan jasa pembelian kendaraan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Untuk menentukan budget ini, kamu harus menghitung total pemasukan agar cicilan kredt tidak mengganggu kestabilan financial.

3. Perhatikan Kondisi Mobil yang Akan Kredit

Walaupun dilakukan d lembaga keuangan syariah terpercaya, akan tetapi selalu perhatikan kondsi mobil yang akan kamu ambil tersebut. Sebelum setuju untuk kredt mobil syariah cek dulu kondsi mobil secara keseluruhan termasuk interior dan eksterior kendaraan. Pastikan kendaraan dalam konisi bagus dan semua fitur berfungsi dengan baik.

4. Pastikan Kelengkapan Dokumen

Kredit Mobil Syariah,Satu lagi hal penting yang perlu dperhatikan sebelum mengajukan kredt mobil bank syariah adalah kelengkapan dokumen kendaraan. Kamu harus memastikan kendaraan yang pilih memiliki surat lengkap seperti BPKB, STNK dan juga buku service. Hal ini untuk mengetahui rekam jejak kendaraan untuk menghindari kendaraan ilegal.

Dari penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa kredt mobil tanpa riba menawarkan lebih banyak keuntungan bagi nasabah. Selain menawarkan kredit tanpa DP, kredit syariah juga tidak membebankan bunga kepada nasabah. Namun, sebelum mengajukan kredit, pelajari dulu simulasi dan syarat kredit mobil syariah serta pilih lembaga keuangan syariah yang kredibel untuk memastikan keamanan transaksi. Kamu juga bisa melengkapi kendaraan kesayanganmu dengan perlindungan tepat berupa asuransi mobil syariah. Kamu bisa menemukan pilihan produk asuransi mobil syariah hanya  Alabamalighthouses Nah, selain itu, untuk kamu yang ingin membaca lebih banyak ulasan tentang keuangan dan investasi

Comments are closed.