Makna Galeri Seni Wot Batu yang Bukan hanya Sekadar Objek Wisata

Makna Galeri Seni Wot Batu yang Bukan hanya Sekadar Objek Wisata

Makna Galeri Seni Wot Batu yang Bukan hanya Sekadar Objek Wisata

Makna Galeri Seni Wot Batu yang Bukan hanya Sekadar Objek Wisata – Wot Batu adalah sebuah konfigurasi energi yang hadir dari perjalanan spiritualitas dan transendental Sunaryo. Dalam ruang terbuka seluas ±2000 m² dengan rangkaian 135 +1, batu-batu ditanam dan ditata secara konseptual dan harmoni.

Salah satu tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat masa new normal adalah Wot Batu Bandung, Jawa Barat. Wot Batu belakangan ramai diperbincangkan usai aktris Tara Basro memutuskan untuk menikah di sana.

Galeri seni yang dimiliki dan dibuat oleh seniman Sunaryo itu ternyata sudah berdiri sejak 2015. Instalasi batu yang ada di sana sengaja dibuat dengan tujuan mengingatkan manusia pada alam. Berikut fakta menarik daftar idn poker pulsa lainnya mengenai Wot Batu.

1. Mengenal batu sebagai elemen alam

Bukan Sekadar Objek Wisata, Ini 5 Makna Galeri Seni Wot Batu

Batu merupakan elemen alam yang dari dulu sampai sekarang tetap ada di situ. Menjadi saksi & bukti terjadinya segala sesuatu yang ada di bumi.

Disampaikan oleh pemandu virtual yang disediakan selama masa pandemi, Sunaryo membangun Wot Batu untuk mengingatkan manusia pada alam, dari mana kita berasal dan peringatan bahwa sesibuk-sibuknya kita, sebenarnya kita adalah bagian dari alam.

2. Penyusunan batu sebagai perlambang alam semesta dan kehidupan manusia

Bukan Sekadar Objek Wisata, Ini 5 Makna Galeri Seni Wot Batu

Senada dengan nama Wot Batu yang dalam bahasa Jawa kuno berarti Jembatan Batu, di area seluas 200 meter persegi itu, Sunaryo menempatkan sekitar 135 batu yang ia susun dan ia kreasikan sesuai dengan perasaan dan intuisinya.

Menurut pemandu virtual, makna jembatan bertujuan untuk menjembatani manusia dengan sesuatu yang sifatnya lebih spiritual dan emosional.

3. Ukiran dan bentuk yang memberikan karakter berbeda pada karya batu-batu yang di buat

Bukan Sekadar Objek Wisata, Ini 5 Makna Galeri Seni Wot Batu

Instalasi ini juga di garap dengan detail. Terlihat dari ukiran dan bentuk yang Sunaryo buat di setiap batu yang terdapat di galeri.

Pengunjung akan di sambut Batu Abah Ambu yang menyerupai lingga dan yoni. Batu Abah yang posisinya vertikal melambangkan maskulinitas sedangkan Batu Ambu yang lebih pipih menjadi simbol feminitas. Keduanya menggambarkan gagasan mengenai keseimbangan yang saling melengkapi dalam alam semesta.

4. Memaknai elemen-elemen natural

Bukan Sekadar Objek Wisata, Ini 5 Makna Galeri Seni Wot Batu

Selain menonjolkan elemen batu yang memiliki banyak makna di balik penempatan, bentuk dan ukirannya Sunaryo juga menciptakan harmonisasi empat elemen natural yaitu api, angin, air, dan tanah.

Terdapat Batu Perahu dan Batu angin yang di maknai sebagai kebutuhan setiap manusia terhadap elemen alami angin untuk tetap bisa terus berjalan maju seperti halnya perahu yang butuh tenaga angin untuk bisa berlayar.

Air di jadikan sebagai simbol dimensi lain setelah manusia menuntaskan perjalanannya. Batu Air yang terdapat di Wot Batu merepresentasikan kekuatan air untuk membangun alam semesta agar tetap berkembang.

Untuk melengkapi semua elemen natural, Sunaryo menempatkan Batu Api. Batu ini di letakkan di sebelah kanan Lawang Batu. Karya ini memperlihatkan api yang menyala dan tak pernah padam yang di tempatkan di dalam ruang khusus.

5. Wot Batu yang di maknai sebagai otak kiri manusia

Bukan Sekadar Objek Wisata, Ini 5 Makna Galeri Seni Wot Batu

Di bagian sayap kiri wilayah Wot Batu, Sunaryo menyusun instalasi batunya berdasarkan data-data sains ketimbang dominasi perasaan seperti di sayap kanan.

Di bagian ini terdapat Batu Peta yang memperlihatkan catatan kondisi geologis Wot Batu. Wot Batu sendiri letaknya di kelilingi gunung berapi di Jawa Barat. Pada Batu Peta, pengunjung dapat melihat simbol-simbol gunung tersebut dan kondisi mereka di tahun 2015.

Kemudian masuk ke ruang bawah tanah, tersimpan Batu Ruang. Di sana pengunjung dapat melihat video mengenai terbentuknya alam semesta melalui video berdurasi 3 menit yang di tembakkan ke sebuah batu.

Sudah terbayangkan liburan sekaligus menemukan makna elemen natural di Wot Batu? Masih banyak aspek seni yang dapat di maknai oleh pengunjung yang hadir.

Wot Batu yang terletak di Jalan Bukit Pakar Timur nomor 98, Ciburial, Kota Bandung dan sudah mulai di buka kembali pada 15 Juli 2020 mulai pukul 10.00-18.00 WIB. Objek wisata di Bandung ini tutup setiap hari Senin dan hari libur nasional.

Harga tiket masuknya adalah Rp 50 ribu untuk reguler, Rp 30 ribu untuk pelajar, akademisi, dan seniman, lalu untuk anak di bawah usia 7 tahun dan di atas 65 tahun di gratiskan.

Comments are closed.