Menunggu Hasil UTBK SBMPTN?

Menunggu Hasil UTBK SBMPTN?

Menunggu Hasil UTBK SBMPTN Yuk Lakukan 5 Kegiatan Positif Ini,Galau nungguin hasil UTBK SBMPTN 2021? Bingung harus ngapain sebelum tahu hasil SBMPTN? Eits, waktu kamu itu sangat berharga lho. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan sambil menunggu hasil SBMPTN 2021.yang telah kita rangkum dalam Alabamalighthouses

yang disupport oleh Bandar Togel Deposit Pulsa

Seluruh gelombang UTBK SBMPTN 2021 memang telah selesai dilaksanakan. Namun, pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2021 baru bisa diakses oleh para peserta pada tanggal 14 Juni 2021 pukul 15.00 WIB.

Nah, sambil menunggu hasilnya, jangan habiskan waktu kamu untuk bengong atau hanya bersantai-santai streaming film. Masih banyak aktivitas positif yang bisa berguna untuk kehidupan kamu di perguruan tinggi kelak. Coba deh lakukan beberapa kegiatan ini beberapa minggu ke depan.

1. Memperdalam skill

Sebentar lagi kamu akan menyandang status sebagai mahasiswa baru. Pastinya, kehidupan kamu ini akan sangat berbeda dibandingkan bangku SMA. Banyak hal baru yang akan kamu temui dan rasakan, mulai dari gaya belajar, lingkungan, pertemanan, hingga cara bertahan hidup di dunia perkuliahan.

Belajar manajemen waktu dan teknik mencatatBelajar manajemen waktu dan teknik mencatat (Sumber: expatica.com)

Nah, mau nggak mau, kamu harus sudah siap untuk beradaptasi dengan segala perubahan yang akan kamu temui di bangku perkuliahan nanti. Supaya kamu nggak kaget, selama beberapa minggu kedepan kamu harus menguasai beberapa skill yang nantinya akan berguna di perguruan tinggi.

Beberapa skill dasar yang penting untuk kamu pelajari antara lain manajemen waktu, gaya belajar mandiri, membuat catatan yang baik, hingga belajar memasak buat kamu yang akan tinggal merantau.

2. Ikut pelatihan singkat

Selain mempelajari skill dasar yang akan berguna untuk kehidupan sehari-hari di dunia perkuliahan, kamu juga bisa mengikuti kursus atau pelatihan singkat yang bisa menambah keterampilan. Ambil kelas kursus yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Siapa tahu dengan mengambil pelatihan ini, kamu jadi bisa mengasah keterampilan yang terpendam. Contohnya, kursus otomotif, makeup, fotografi, komputer, memasak, menjahit, dan masih banyak lagi.

pelatihan fotografiIkut pelatihan fotografi (Sumber: pixpa.com)

Baca juga: Belajar Teknik Komposisi Fotografi dengan Smartphone Bersama Nicholas Saputra

Saat ini sudah banyak pelatihan online yang menyediakan berbagai kelas yang bisa kamu akses di mana dan kapan saja. Pilih pelatihan dengan harga yang terjangkau agar tidak menambah beban finansial kamu atau orang tua ya.

3. Cari informasi jalur mandiri PTN atau PTS

Pasti kamu tahu kan, pendaftar UTBK SBMPTN setiap tahunnya itu banyak banget? Seluruh calon mahasiswa dari Sabang sampai Merauke mendaftarkan dirinya untuk mengikuti SBMPTN. Nggak cuman lulusan tahun 2021 saja, banyak juga peserta lulusan 2019 dan 2020 yang ikut mencoba UTBK SBMPTN kembali di tahun ini.

Mahasiswa baru UI

Nah, waktu senggang kamu menunggu pengumuman SBMPTN 2021 ini juga bisa digunakan untuk memikirkan alternatif rencana kamu ke depan. Salah satunya adalah dengan mencari informasi jalur mandiri PTN dan PTS. Sudah banyak PTN yang mengumumkan pembukaan jalur seleksi mandirinya. Kamu bisa nih mulai melihat-lihat dan mencari tahu persyaratan serta biaya pendaftarannya.

Selain PTN, PTS juga bisa menjadi alternatif kamu untuk melanjutkan studi. Nggak kalah dari PTN, sudah banyak kok PTS yang menyediakan pendidikan berkualitas dan prospek kerja yang menjanjikan bagi para lulusannya. Beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan kamu dalam memilih PTS yaitu akreditasi, peringkat, biaya kuliah, kualitas lulusan, dan lokasi.

4. Cari info beasiswa

info beasiswaBeasiswa (Sumber: cfnova.org)

Bisa kuliah dengan beasiswa tentu akan menjadi kebanggan tersendiri untuk kamu dan orang tua. Beasiswa kuliah tidak selamanya hanya untuk mereka yang kurang mampu. Selain memberikan keringanan biaya, mendapatkan beasiswa juga bisa menjadi nilai plus untuk kamu lho. Ada banyak beasiswa kepemimpinan atau beasiswa prestasi yang bisa kamu coba. Sering-sering saja browsing info beasiswa kuliah yang sedang dibuka. Kamu juga bisa lihat di rubrik Info Beasiswa yang ada di Blog Ruangguru untuk mendapatkan informasi beasiswa paling update.

5. Kerja sampingan

kerja sampingan berjualan onlineBerjualan online (Sumber: reddoorz.com)

Menunggu Hasil UTBK SBMPTN Yuk Lakukan 5 Kegiatan Positif Ini,Mau menambah uang jajan atau tabungan? Dengan mencari kerja sampingan, kamu jadi bisa menabung untuk persiapan kuliah nanti. Nggak harus kerja kantoran, ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan dari rumah, lho. Bagi kamu yang punya keahlian, kamu bisa coba menjual jasa secara online, seperti jasa desain, menulis, coding, atau edit foto. Selain itu, kamu juga bisa mencoba berjualan kue, baju, makanan ringan, pulsa, dan sebagainya. Manfaatkan saja potensi diri dan hobi kamu menjadi peluang untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Gimana, kamu mau coba salah satu aktivitas di atas? Bersantai dan rileks sejenak memang nggak salah. Hanya saja perlu kamu ingat, bahwa perjuangan kamu belum benar-benar berakhir sampai kamu diterima di kampus impian. Manfaatkan waktu yang ada untuk memperkaya diri dan membuat plan B, jika memang kamu belum diterima melalui jalur SBMPTN. Kamu juga masih bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi mandiri

Comments are closed.