Negara di Asia yang Warisi Desain Ikonik Arsitek Zaha Hadid

Negara di Asia yang Warisi Desain Ikonik Arsitek Zaha Hadid

Negara di Asia yang Warisi Desain Ikonik Arsitek Zaha Hadid

Negara di Asia yang Warisi Desain Ikonik Arsitek Zaha Hadid – Arsitek adalah seorang ahli di bidang ilmu arsitektur, ahli rancang bangun atau ahli lingkungan binaan. Istilah arsitek seringkali diartikan secara sempit sebagai seorang perancang bangunan, adalah orang yang terlibat dalam perencanaan. Merancang, dan mengawasi  konstruksi bangunan, yang perannya untuk memandu keputusan yang memengaruhi aspek bangunan tersebut. Dalam  sisi astetika, budaya, atau masalah sosial.

Definisi tersebut kuranglah tepat karena lingkup pekerjaan seorang arsitek sangat luas, mulai dari lingkup interior ruangan, lingkup bangunan, lingkup kompleks bangunan, sampai dengan lingkup kota dan regional. Karenanya, lebih tepat mendefinisikan arsitek sebagai seorang ahli di bidang ilmu arsitektur, ahli rancang bangun atau lingkungan binaan.

Arsitek kenamaan keturunan Iraq-British, Zaha Mohammad Hadid. Atau yang sering dikenal dengan nama aplikasi idn poker 99 Zaha Hadid, memang telah berpulang tahun 2016. Tapi warisan bangunan yang telah didesain dan rampung dikerjakan arsitek peraih penghargaan Pritzker Architecture Prize, saat ini bisa dinikmati kemegahan dan keistimewaan setiap sudut desain Zaha Hadid.

Negara benua Eropa seperti Inggris dan Jerman adalah dua negara, yang sering menggunakan desain arsitektur si Ratu Kurva ini. Tapi dilansir Forbes dan Architectural Digest, beberapa negara benua Asia berikut ini, juga mewarisi bangunan yang didesain Zaha Hadid.

1. Azerbaijan 

9 Negara di Asia yang Warisi Desain Ikonik Arsitek Zaha Hadid

Bangunan Heydar Aliyev Center berlokasi di Baku, Azerbaijan menjadi bukti desain ikonik khas mendiang Zaha Hadid. Desain bangunan yang berbentuk kurva, sudut tajam, dan seperti bergulung pada atap bangunan membuat gedung pusat kebudayaan negara Azerbaijan ini menarik perhatian pengunjung.

Berdesain khusus, gedung Heydar Aliyev Center mulai dibangun 2007 – 2012 dan terdiri beberapa ruangan seperti galeri, museum, dan auditorium. Jadi jangan lewatkan mengunjungi Heydar Aliyev Center, jika berkunjung ke negara Azerbaijan.

2. Arab Saudi

9 Negara di Asia yang Warisi Desain Ikonik Arsitek Zaha Hadid

Bangunan King Abdullah Petroleum Studies and Research Center (KAPSARC), juga mendapat sentuhan tangan arsitek Zaha Hadid. Dibangun di area seluas 70.000m2, kampus dan lembaga riset berlokasi di Riyadh ini, mulai dibangun 2010 – 2015 terdiri dari ruangan pusat riset, pusat komputer, perpustakaan, ruang pusat konferensi dan mushola.

Resmi beroperasi sejak 2017, gedung kampus dan lembaga riset King Abdullah Petroleum Studies and Research Center (KAPSARC) dengan design prismatik ini sudah mendapat sertifikasi LEED platinum lho.

3. Uni Emirat Arab

9 Negara di Asia yang Warisi Desain Ikonik Arsitek Zaha Hadid

Uni Emirat Arab sebagai negara berinovasi paling mutakhir, juga ikut tren dan mewarisi design ikonik mendiang Zaha Hadid. Beberapa desain warisan peraih penghargaan Stirling Prize ini, mampu diadopsi beberapa tempat di negara Uni Emirat Arab seperti Sheikh Zayed Birdge (Abu Dhabi) yang berkonsep future urban, atau The Opus (Dubai) bangunan hotel mewah berdesain unik yang berlokasi disekitar komplek Burj Khalifah.

Dua warisan mendiang Zaha Hadid lainnya, seperti Dubai Opera dan Dubai Financial Market sedang dalam tahap perampungan bangunan, pasti gak sabar nih lihat desain spektakuler bangunan khas mendiang Zaha Hadid.

4. China

9 Negara di Asia yang Warisi Desain Ikonik Arsitek Zaha Hadid

Negara China juga gak ketinggalan nih menggunakan desain arsitektur mendiang Zaha Hadid. Banyak gedung vital di China mewarisi keandalan si Ratu Kurva mendesain bangunan seperti Guangzhou Opera House yang menyerupai cosmic, Galaxy SOHO (Beijing) dengan design kurva pada tower, dan Nanjing International Youth Cultural Centre, gedung pencakar langit yang khas dengan desain seperti sangkar.

Terbaru mendiang Zaha Hadid juga ambil bagian untuk mendesain bangunan terminal Daxing International Airport di Beijing, China.

5. Hongkong 

9 Negara di Asia yang Warisi Desain Ikonik Arsitek Zaha Hadid

Negara tempat berkunjung para taipan, Hong Kong juga mewarisi design ikonik mendiang Zaha Hadid. Gedung Jockey Club Innovation Tower berlokasi di distrik Hung Hom, Kowloon merupakan karya desain dengan aplikasi kurva pada tower, gedung ini juga digunakan sebagai tempat belajar mahasiswa Hong Kong Politechnic University.

Mulai beroperasi tahun 2013, gedung yang mampu menampung kegiatan lebih dari 1800 mahasiswa dan staff ini juga terdapat museum, cafe dan ruang ramah pejalan kaki. Wah, yang jadi mahasiswanya auto rajin ya ke kampus dengan fasilitas dan desain yang keren begini.

6. Korea Selatan

9 Negara di Asia yang Warisi Desain Ikonik Arsitek Zaha Hadid

Dongdaemun Design Plaza menjadi warisan selanjutnya arsitek Zaha Hadid di Asia. Bangunan pusat belanja sekaligus galeri dan museum bertempat di Korea Selatan ini, dibangun mulai tahun 2008 – 2014.

Berdesain ikonik khas mendiang Zaha Hadid, bentuk bangunan Dongdaemun Design Plaza juga futuristik lho. Gak heran tempat keren ini juga pernah dikunjungi presiden Joko Widodo saat mengunjungi Korea Selatan.

Dongdaemun Design Plaza juga pernah menjadi lokasi syuting KDrama ‘My Love from The Stars’, hayoo sadar gak scene yang mana?

7. Singapura

9 Negara di Asia yang Warisi Desain Ikonik Arsitek Zaha Hadid

Desain unik bangunan khas mendiang Zaha Hadid bisa kamu lihat di Singapura. d’Leedon menjadi bangunan kondominium mewah Singapura, yang mewarisi desain unik khas mendiang Zaha Hadid.

Mulai dibangun tahun 2007 – 2011, komplek kondominium mewah terbesar ini berdesain kurva untuk setiap 7 tower memberi kesan mewah dan spektakuler. Bahkan harga perunitnya juga bikin geleng kepala lho.

8.  Libanon

9 Negara di Asia yang Warisi Desain Ikonik Arsitek Zaha Hadid

Berlokasi di American University of Beirut (AUB), gedung Issam Fares Institute (IFI) menjadi karya desain  bagunan kontemporer mendiang Zaha Hadid. Desain gedung Issam Fares Institute (IFI) mendapat penghargaan lho tahun 2016, karena dinilai sebagai desain kontemporer yang dapat menyatu dengan lingkungan mediterania tentunya juga sesuai fungsi sebagai gedung tempat berkumpul para researcher.

Uniknya, desain bangunan untuk tempat researcher berkumpul ini, bahkan disebut menyerupai bentuk bangunan alien. American University of Beirut (AUB) ternyata kampus almamater mendiang Zaha Hadid lho, pasti bangga ya bisa mendesain bangunan sebagai alumni.

9. Qatar

9 Negara di Asia yang Warisi Desain Ikonik Arsitek Zaha Hadid

Menjadi tuan rumah World Cup 2022, Qatar juga bersiap diri untuk penuhi ekspektasi di pesta akbar olahraga sepak bola. Salah satu venue yang akan digunakan adalah Al Wakrah Stadium, yang merupakan stadion rekonstruksi ulang dan mendapat sentuhan arsitek Zaha Hadid. Masih tahap perbaikan, Al Wakrah Stadium akan menjadi karya arsitek Zaha Hadid untuk Qatar menyambut tamu piala dunia 2022.

Gak kalah dari karya desain arsitek Zaha Hadid di Eropa, bangunan ikonik si Ratu Kurva juga bisa aplikasikan di negara Asia yang erat dengan ragam kondisi wilayah dan kulturnya.

Comments are closed.