Perbedaan Antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi

Perbedaan Antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi

Perbedaan Antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi, Bisa Membedakannya?

Perbedaan Antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi – Perbedaan antara kedua negara tersebut memang seringkali terselubungi dengan persamaan yang mereka miliki. Dua-duanya terletak di Asia Barat, dengan vegetasi alam yang gersang dan secara geografis letaknya berdekatan.

Bahasa yang digunakan warga negara di kedua negara tersebut pun sama, berbahasa Arab sehari-hari. Mungkin persamaan ini juga yang membuat banyak orang salah mengira bahwa Arab Saudi dan Uni Emirat Arab adalah satu negara yang sama.

Ada banyak sekali negara-negara yang termasuk dalam kategori negara Arab, beberapa di antaranya adalah Uni Emirat Arab dan Arab Saudi. Banyak orang yang masih Daftar 918Kiss mengira bahwa keduanya merupakan satu negara yang sama atau justru tak dapat membedakan antara satu dan lainnya. Padahal, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab merupakan dua negara yang jelas berbeda.

Bila kamu tertarik untuk mengetahui apa saja perbedaan antara Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, berikut lima daftarnya.

  • Luas negara

5 Perbedaan Antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi, Bisa Membedakannya?

Hal lainnya yang membuat kedua negara ini jelas berbeda adalah luas negaranya yang sangat kontras terlihat.

Arab Saudi memiliki luas hingga 2 juta kilometer persegi. Sementara untuk Uni Emirat Arab hanya memiliki luas wilayah sekitar 83.600 kilometer persegi. Tentunya dengan begitu, kamu dapat membedakan kedua negara ini dengan mudah.

  • Beribukota Riyadh dan Abu Dhabi

5 Perbedaan Antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi, Bisa Membedakannya?

Tentunya karena merupakan dua negara berbeda, maka ibu kota keduanya juga jelas berbeda. Arab Saudi memiliki Riyadh sebagai ibu kota negara yang megah dengan gedung-gedung yang tinggi. Sementara, Uni Emirat Arab memiliki Abu Dhabi sebagai ibu kotanya.

Meskipun Abu Dhabi merupakan ibu kota, namun kepopuleran Kota Dubai masih terasa lebih besar untuk dikenal oleh seluruh dunia.

  • Kepala negaranya

5 Perbedaan Antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi, Bisa Membedakannya?

Kedua negara ini meski sama-sama berada di daratan Arab, namun memiliki sistem pemerintahan yang jelas berbeda.

Arab Saudi merupakan negara monarki yang otomatis memiliki kepala negara, yaitu seorang raja. Sementara, Uni Emirat Arab merupakan negara federasi yang dikepalai oleh seorang presiden. Tentu saja dari hal tersebut sudah jelas kedua negara tersebut berbeda satu sama lain.

  • Landmark negara

5 Perbedaan Antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi, Bisa Membedakannya?

Kedua negara ini sama-sama memiliki landmark yang berbeda-beda. Jika Uni Emirat Arab memiliki gedung Burj Khalifa yang merupakan gedung tertinggi di dunia, maka berbeda halnya dengan Arab Saudi. Negara beribukota Riyadh ini merupakan lokasi dari Ka’bah yang merupakan tujuan dari seluruh umat Muslim yang ada di dunia.

  • Penduduk kedua negara

5 Perbedaan Antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi, Bisa Membedakannya?

Ada satu hal menarik yang dapat dilihat dari penduduk kedua negara tersebut. Arab Saudi konon memiliki penduduk yang 90% di antaranya merupakan masyarakat asli Arab sehingga memang originalitas dari penduduknya masih terasa secara penuh. Sementara, Uni Emirat Arab hanya memiliki 12% penduduk yang merupakan asli Arab, sisanya adalah para pendatang, baik itu dari Pakistan, India, dan negara-negara lain.

Nah, beberapa perbedaan antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi di atas semoga dapat membantumu dalam membedakan keduanya dan memberikan informasi yang menarik untuk diketahui. Bagaimana menurutmu?

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *