Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Tak Semata untuk Tingkatkan Image

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Tak Semata untuk Tingkatkan Image

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Tak Semata untuk Tingkatkan Image

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Tak Semata untuk Tingkatkan Image – Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility  (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya), perusahaan adalah memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah  konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan  lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Dalam dunia bisnis, istilah Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan sudah tak asing lagi didengar. CSR menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Rasa tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan maupun masyarakat memang sudah semestinya direalisasikan melalui kegiatan CSR. Pada dasarnya, tujuan dari CSR adalah untuk memberikan kontribusi positif pada lingkungan atau kehidupan masyarakat.

Sebagai perusahaan yang sedang berkembang, IDN Media juga berupaya untuk terlibat aktif dalam APK IDNPlay kegiatan CSR. Pada kesempatan ini, Zefanya Deby, Head of Communications IDN Media, membagikan sudut pandangnya terkait CSRㅡmulai dari alasan mengapa perusahaan perlu melaksanakannya secara reguler, sampai dampak positif yang dapat dirasakan oleh manajemen perusahaan.

1. Bukan hanya untuk brand image perusahaan

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Tak Semata untuk Tingkatkan Image

Bagi Zefanya, CSR merupakan suatu hal yang perlu di lakukan oleh suatu perusahaan untuk memastikan adanya dampak sosial yang dapat di berikan oleh perusahaan kepada masyarakat. Ia mengungkapkan, “Intinya, CSR adalah usaha yang perusahaan upayakan untuk dapat memberi manfaat kepada masyarakat secara lebih luas.

Menjunjung itikad baik, CSR menjadi sebuah program yang perlu di lakukan secara reguler. “Pertama, ada moral obligation yang harus perusahaan penuhi. Businesses need to give back to the communities. Program CSR juga dapat membantu suatu perusahaan untuk mengoptimalkan koneksi dengan klien dan bahkan karyawannya. Di IDN Media, program CSR terbukti meningkatkan collaborative culture. Bahkan, beberapa Timmy mengaku lebih merasa ‘fulfilled‘ ketika berpartisipasi pada program CSR. Menurut saya pribadi, CSR bukan hanya tentang brand image yang apik. CSR tidak sedangkal itu,” Zefanya menegaskan.

2. Tidak ada “one size fits all” untuk melaksanakan CSR

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Tak Semata untuk Tingkatkan Image

Untuk mengimplementasikan program CSR, tak ada metode yang “one size fits all“. Pada kenyataannya, setiap perusahaan memiliki karakteristik mereka masing-masing. Karakteristik ini nantinya akan memengaruhi cara mereka dalam melaksanakan program CSR. “Biasanya, hal pertama yang harus di lakukan adalah untuk menyelaraskan the company’s social and environmental activities with its business purpose and values. Selanjutnya, perusahaan harus mulai menentukan strategi eksekusinya—mulai dari penentuan komunitas apa yang akan di bantu, strategi komunikasi secara internal dan eksternal, hingga manajemen program agar kegiatan CSR dapat terlaksana secara maksimal dan berkelanjutan,” terang Zefanya detail.

3. CSR bantu tingkatkan self-appreciation Timmy

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Tak Semata untuk Tingkatkan Image

Seperti yang sempat di singgung pada poin pertama, CSR tak melulu tentang pembentukan brand image yang baik dari suatu perusahaan. Pada kenyataannya, CSR pun dapat mengarahkan kultur perusahaan ke arah yang lebih positif dan impactful, serta dapat meningkatkan engagement antar Timmy. Bahkan, sejumlah Timmy yang terlibat secara aktif dalam program CSR IDN Foundation merasa menjadi individual yang lebih useful, sehingga self-appreciation mereka pun semakin meningkat. Zefanya kembali menegaskan, “Mereka juga kian engaged dengan perusahaan. Hal ini terjadi karena adanya shared values yang di miliki oleh IDN Media dan Timmy.”

Pada intinya, CSR bukan hanya sekadar tren bisnis yang dapat membantu mendongkrak citra baik perusahaan. Lebih dari itu, CSR di laksanakan untuk menciptakan harmoni antara perusahaan, karyawan, masyarakat, dan lingkungan. Bila aspek-aspek humanis dari suatu perusahaan berhasil di kelola dengan baik, pembangunan yang berkelanjutan pun akan tercipta dengan sendirinya.

Comments are closed.