WISATA EDUKASI DI TANGERANG

WISATA EDUKASI DI TANGERANG

WISATA EDUKASI DI TANGERANG

WISATA EDUKASI DI TANGERANG – Berdirinya Kota Tangerang tidak lepas dari sejarah perjuangan Kesultanan Banten melawan Kolonialisme Belanda. Nama “Tangerang” yang menunjuk kepada suatu daerah yang berada di bantaran sungai Cisadane, yang dahulu dikenal dengan nama Untung Jawa, lahir dari beberapa kejadian pada masa lampau hingga akhirnya resmi disebut “TANGERANG”.

Tangerang punya sejuta daya tarik yang membuat banyak orang berkunjung ke sana. Mulai dari kuliner, belanja hingga wisata alam bisa kamu dapatkan di Tangerang.  Kalau kamu ingin mencoba sisi lain dari wisata di Tangerang, kamu perlu mencoba wisata edukasi yang ada di sini.

Jika kamu ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk perkotaan, kunjungi tempat-tempat ini akan mempertimbangkan kepenatanmu. Selain mengasyikkan, sesuai namanya, wisata edukasi ini juga dapat menambah wawasanmu.

Jadi apa saja sih tempat yang bisa dikunjungi?

1. Kandank Jurank Doank

Sang pemilik, Dik Doank, membuka tempat wisata ini karena ingin memberikan anak-anak mendapatkan pendidikan yang kreatif dan mendukung anak-anak kurang mampu. Namun kini, Kandank Jurank Doank digemari oleh masyarakat luas dan bisa memudahkan semua kalangan. Di sini tersedia berbagai program untuk anak-anak seperti menyanyi, menari, kriya atau fotografi.

Kamu bisa juga mencoba fasilitas outbound yang tersedia. Kemudian lakukan kegiatan menanam padi di sawah atau mengumpulkan ikan di kolam yang pasti belum pernah dilakukan jika kamu tinggal di perkotaan. Bersiaplah untuk berbasah-basahan dan dapat diterima kegiatan ini akan membuat liburan Anda jadi nggak diterima lho!

Alamat: Kompleks Alvita Blok Q No. 14, Kecamatan. Ciputat, Tangerang Selatan

2. Tanah Tingal

Tanah Tingal adalah kota hutan yang dapat kamu nikmati semilir angin dan pepohonan yang rindang di sini. Adalah pohon bodhi yang merupakan pohon yang disetujui di India yang dapat kamu jadikan tempat berteduh. 30% burung di Tanah Tingal terdengar cicit.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Tanah Tingal adalah yoga, futsal dan outbound. Kelas yoga diadakan di hari-hari tertentu dan tentu saja kamu bisa melakukan yoga sendiri karena tersedia tempat semi outdoor yang luas di sini.

Tidak hanya aktivitas di daratan, tetapi juga danau buatan di Sungai Tingal juga digunakan untuk permainan air. Kamu bisa mendayung kano di udara yang tenang sambil menikmati suasana yang ada, nyaman banget kan?

Alamat: Jl. Merpati Raya No.32B, Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan

3. Kampung Konservasi Rimbun

Nuansa pedesaan yang kental dengan langit biru di sini akan membuatmu rileks seketika. Di Kampung Konservasi Rimbun, beragam kegiatan diadakan dan memenuhi agro wisata.

Kamu bisa memilih untuk mengikuti kegiatan menanam sayur mayur, mengolah limbah atau kegiatan lain untuk anak-anak seperti kursus Bahasa Inggris dan outbound. Tidak perlu takut kotor karena keasyikan dan pengetahuan baru yang kamu dapatkan akan sebanding dengan usahamu.

Selain itu, permainan-permainan yang juga akan membuat waktu liburan anak-anak menjadi berkualitas. Jika ingin bersantai dan mengabadikan keindahan alam, terdapat saung-saung dan area yang penuh bunga-bunga yang akan mempercantik fotomu.

Alamat: Jl. Masjid Ciater, Kampung Jati Buaran, Pamulang, Tangerang

4. Scientia Square Park

wisata edukasi di tangerang

Taman yang satu ini populer banget di Tangerang karena selain cantik, juga menyediakan banyak pilihan aktivitas. Jika ingin berfoto-foto, kamu dapat menemukan berbagai tempat yang mudah diakses dengan mudah. Namun jangan sia-siakan peluangmu untuk mencoba wahana-wahananya yang menantang seperti panjat tebing, taman skate atau motor cross. 

Fasilitas unik lainnya adalah keberadaan sawah lengkap dengan kerbaunya yang akan dihadirkan ke suasana pedesaan dalam sekejap. Taman kupu-kupu dan kolam ikan koi juga akan semakin mendekatkanmu pada alam. Wahana-wahana di sini pun bisa dinikmati oleh anak-anak sehingga akan memberikan pengalaman berkesan untuk mereka.

Alamat: Jl. Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kecamatan Kelapa Dua, Tangerang

5. Museum Benteng Heritage

wisata edukasi di tangerang

Museum yang perlu dikunjungi saat Museum Tangerang adalah Museum Benteng Heritage. Bangunannya merupakan hasil restorasi dari salah satu bangunan paling tua di Tangerang.

Saat datang ke museum ini, kamu akan diajak berkeliling oleh seorang pemandu dan menyimak kisah sejarah penduduk Cina Benteng. Berbagai benda antik dan ukiran dinding akan mempesona matamu dan pemandu juga akan memaparkan tentang tradisi-tradisi khas Cina Benteng.

Selain memamerkan benda-benda bersejarah, di museum ini juga sering diadakan acara khusus. Kamu pun bisa memesan paket makan bersama lauk-pauk yang unik di sini. Setelah menerima wisata keliling museum, ada toko cenderamata di lantai satu jika kamu ingin membeli buah tangan. Menarik dan indah.

Alamat: Jl. Cilame No. 18 & 20, Pasar Lama, Tangerang

6. Taman Berkuda Branchsto

wisata edukasi di tangerang

Tempat wisata ini berbeda dari yang lain karena menawarkan aktivitas yang tidak biasa berkuda. Kamu bisa menerima dirimu atau saudara kecilmu ke kursus menunggang kuda yang tersedia. Meskipun unggul dari tempat ini adalah olahraga berkuda, tetapi kamu juga bisa melakukan hal-hal lain lho!

Jika ingin bersantai, kamu bisa menaiki danongong kompleks Branchsto sambil menikmati keasriannya. Setelah puas, coba keseruan menaiki mobil ATV menjelajahi lintasan yang ada di tempat ini! Jika ingin olahraga anti mainstream lainnya, kamu dapat menjajal kemampuanmu memanah.

Jangan khawatir karena akan ada instruktur yang mendampingimu. Kemudian sebelum pulang, kamu bisa menaiki kereta log yang lintasannya berada di ketinggian. Wahana-wahana di Branchsto disetujui akan membuat akhir pekanmu semakin menyenangkan deh!

Alamat: Jalan BSD Raya Barat, Pagedangan, Kecamatan Serpong, Tangerang

7. Museum Juang TMP Taruna

wisata edukasi di tangerang

Satu lagi museum yang dapat dikunjungi di Tangerang yaitu Museum Juang TMP Taruna. Saat berkunjung ke sini, jangan lupa juga mengunjungi Taman Makam Pahlawan Taruna yang terletak dalam satu kompleks. Di sini dimakamkan pahlawan-pahlawan salah satunya adalah Walikota Daan Mogot yang cukup dikenal.

Kamu juga bisa menemukan buku-buku peninggalan zaman dulu, foto-foto yang mengeluarkan sejarah dan penjelasannya di dalam museum. Bangunan yang apik dan terawat membuat museum juga taman makam pahlawan ini nyaman dan sering ramai pengunjung. Yuk mari kita kenali sejarah perjuangan bangsa di sini!

Alamat: Museum Gedung Juang Taruna RT 001 / RW 001, Sukaasih, Tangerang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *