Wisata Kuliner Ke Korea Selatan

Wisata Kuliner Ke Korea Selatan

Wisata Kuliner Ke Korea Selatan

Wisata Kuliner Ke Korea Selatan – Memang banyak sekali destinasi wisata yang ada di negeri ginseng ini, mulai dari Seoul hingga Pulau Jeju banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi. Selain itu yang tidak boleh kamu lewatkan saat mengunjungi Korea Selatan adalah mencicipi kulinernya. Negara ini dikenal banyak memiliki makanan khas yang lezat dan menggoda selera.

Kota Seoul adalah salah satu kota metropolitan yang tetap hidup saat malam hari. Kehidupan malam di kota ini menghadirkan suasana yang berbeda saat malam hari. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat malam hari, salah satunya wisata kuliner.

Tteokbokki

Makanan ini termasuk salah satu makanan yang banyak dijual di Korea Selatan. Terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan bumbu gochujang, sehingga makanan ini bercitarasa pedas dan manis.

Pada masa Dinasti Joseon, makanan ini dimasak dengan kecap asin, daging sapi, kecambah, wortel, dan bawang bombay. Tteokbokki yang disajikan pada masa itu, berbeda sekali dengan ttebokki yang dijual di masa sekarang ini.

Kimbap

Kalau dilihat, makanan khas Korea yang satu ini mirip dengan sushi ya? Memang ada yang mengatakan kalau kimbap diadaptasi dari sushi. Namun faktanya pada zaman dinasti Joseon terdapat makanan yang dinamakan bokssam (bungkusan keberuntungan) yang terbuat dari nasi gulung yang dibungkus kim (rumput laut kering).

Kimbap terbuat dari nasi, daging dan sayuran. Nasi putih dibumbui garam dan minyak wijen. Isinya pun beragam, mulai dari ikan, daging, telur, keju, acar, ikan dan sebagainya. Kimbap biasanya dibawa sebagai bekal piknik, hiking atau aktivitas lain di luar ruangan. Mungkin karena praktis dibawa dan mudah untuk membuatnya ya.

Dak Galbi

Kuliner yang satu ini namanya pasti masih asing ya buat kebanyakan orang, tapi ternyata makanan ini cukup populer di Korea Selatan. Dak Galbi atau ayam tumis pedas, dibuat dari daging ayam dipotong dadu, lalu ditambahkan saus gochujang, kol, daun bawang, tteok (kue beras) , dan bahan-bahan lainnya.

Makanan ini cocok banget kalau dimakan ramai-ramai, karena porsinya yang sangat banyak. Di Korea Selatan, Dak Galbi akan disajikan di piring besar di tengah-tengah meja, sehingga kamu dan teman-temanmu dapat menyantap makanan ini bersama-sama.

Bibimbap

Bibimbap ini bisa dibilang adalah nasi campur ala Korea Selatan. Kalau di Indonesia ada nasi rames, nah kalau di Korea Selatan ada bibimbap. Biasanya isi dari semangkuk bbimbap ini terdiri dari nasi putih dengan sayur-sayuran, daging sapi, telur mata sapi, dan saus pedas gochujang.

Masyarakat Korea Selatan biasanya mengaduk Bibimbap sebelum disantap, sehingga semua bahan makanan yang ada di mangkuk tercampur semua. Dan terkadang mereka juga menyantap Bibimbap ini dengan tambahan acar.

Kimchi

Ini adalah makanan terpopuler dari Korea Selatan. Semua orang pasti tahu Kimchi, makanan tradisional khas Korea Selatan yang dibuat dari sawi putih dan lobak. Kimchi merupakan asinan sayur yang difermentasi dan diberi bumbu pedas. Kebanyakan makanan Korea Selatan memang bercitarasa pedas.

Di masa lalu Kimchi diucapkan dengan nama Chim-chae yang artinya sayuran yang direndam. Selain dimakan begitu saja, kimchi saat ini juga sudah divariasikan menjadi berbagai menu makanan, seperti kimchi bokkeumbap (nasi goreng kimchi), kimchi jjigae (sup kimchi) dan sebagainya.

Samgyetang

Samgyetang atau bisa juga disebut sebagai sup ayam ginseng khas Korea Selatan. Biasanya Samgyetang dibuat dengan memakai ayam muda yang direbus dalam keadaan utuh hingga empuk. Dan dimakan dengan tambahan merica, garam, dan Kimchi.

Selain ginseng, tanaman obat yang sering dicampurkan ke dalam sup ini adalah kastanye, kacang cemara, buah jujuba kering, jahe, dangsam, gugija atau danggwi. Samgyetang biasanya dimakan pada musim panas, sehingga tubuh yang selalu berkeringat tidak menjadi lemas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *